Pilih Bahasa
  • Protokol Menunjukkan Tanda-tanda Yang Menjanjikan Bagi Pekerja di Indonesia
    Selasa, 24 Juli 2012 - 11:28:32 WIB

    Dasar pertama Protokol Kebebasan di kawasan menunjukkan tanda-tanda yang menjanjikan bagi para pekerja pabrik di Indonesia, laporan dari beberapa pemimpin serikat pekerja Indonesia  .

    Diadopsi pada bulan Juni tahun lalu, Protokol Kebebasan Berserikat  adalah produk dari proses negosiasi selama 18 bulan antara serikat bahasa Indonesia, manajemen pabrik dan merek internasional, termasuk Nike dan Adidas. Protokol ini mengikat para pihak untuk serangkaian standar dan prosedur untuk memastikan bahwa para pekerja pabrik memiliki kebebasan untuk membentuk serikat dan mengatur hak-hak mereka.

    Hukum Indonesia telah mewajibkan penghormatan terhadap kebebasan berserikat sejak negara meratifikasi Konvensi ILO 87 tahun 1998. Namun Protokol ini memberikan lebih rinci tentang apa kebebasan ini berarti dalam praktek untuk pabrik dan pekerja yang berusaha untuk mencapai kondisi yang lebih baik. Ini juga membutuhkan merek untuk mengambil tanggung jawab langsung dan memastikan hak-hak pekerja diimplementasikan dalam rantai pasokan mereka.

    Serikat Bahasa Indonesia KASBI, SPN, Garteks, TSK dan GSBI telah memainkan peran utama dalam negosiasi protokol. Ini serikat kolektif mewakili lebih dari setengah juta pekerja di antaranya 70% adalah perempuan. Proses negosiasi ini didukung oleh sejumlah LSM lokal dan internasional termasuk Lembaga Bantuan Hukum Jakarta, para Fair Play Alliance dan Oxfam.

    Sebuah film pendek baru, Negosiasi dokumen Kebebasan perjalanan dari lima pimpinan serikat pekerja Indonesia yang bekerja sama untuk bernegosiasi protokol. Dokumenter ini berfokus pada proses negosiasi tetapi juga mengeksplorasi peran serikat pekerja dan tantangan lebih luas yang dihadapi oleh pekerja pabrik yang mencoba untuk mengatur untuk mengklaim hak-hak mereka.

    Sampai saat ini, Nike, Puma, Adidas, Pentland, New Balance dan Asics semua telah menandatangani protokol. Merek ini sumber produknya dari lebih dari 100 pabrik bahasa Indonesia, yang mempekerjakan ratusan ribu pekerja.

    Di luar Ratifikasi
    Di sejumlah lantai pabrik protokol tersebut sudah memiliki dampak positif.

    Parto, pemimpin serikat buruh dari KASBI, mengatakan kepada Oxfam bahwa protokol telah mengakibatkan pengakuan meningkat serikat. 'Tidak semua komitmen dalam Protokol telah terpenuhi; tapi setidaknya kita melihat serikat kerja yang diakui oleh manajemen pabrik. "

    Elly Rosita Silaban, presiden Garteks serikat, ingat membawa salinan protokol untuk sebuah pertemuan dengan manajemen di pabrik yang memproduksi sepatu Converse.

    Menurut Ibu Elly, setelah membaca Protokol manajemen pabrik setuju untuk melaksanakan beberapa persyaratan. Ini termasuk memungkinkan sejumlah pejabat serikat untuk dibebaskan dari tugas garis mereka produksi untuk berkonsentrasi pada kegiatan pengorganisasian. Pekerja juga telah diberikan izin untuk berpartisipasi dalam kesempatan pendidikan yang diselenggarakan oleh serikat pekerja, "ujar Ms Elly.

    Tetapi sementara telah ada beberapa kemajuan yang baik di sejumlah pabrik-pabrik, serikat stres pemimpin bahwa tidak semua telah lancar. Di banyak tempat kerja masih ada jalan panjang.

    Untuk mengatasi masalah dalam pelaksanaan protokol, serikat pekerja, pabrik-pabrik dan merek sedang mengembangkan mekanisme penyelesaian sengketa, yang mereka harap untuk menyelesaikan dalam beberapa bulan mendatang.

    Mengukur Dampak
    Oxfam, Kampanye Pakaian Bersih, ITGLWF dan anggota lain dari Fair Play bekerja untuk membantu memperkuat pelaksanaan protokol dan memantau dampaknya.

    Sebagai bagian dari upaya ini, Fair Play telah meminta semua merek untuk melaporkan langkah-langkah yang telah mereka lakukan untuk mengimplementasikan protokol. Respon ini dapat dibaca pada halaman korespondensi.

    Dalam jangka panjang, serikat Bahasa Indonesia berharap bahwa semua merek global utama manufaktur di Indonesia, termasuk Wal-Mart, Levis dan Gap, akan menandatangani Kebebasan Berserikat Protokol dan menunjukkan dukungan yang tulus terhadap hak-hak pekerja.



    Diposting Oleh : administrator -playfairindonesia

    Kategori: KEBEBASAN BERSERIKAT - Dibaca: 555 kali



    BERITA TERKAIT